Rabu, 28 Desember 2011

Ngaji Kitab Kifayatul Akhyar


Pengajian kita malam Senin yang lalu di Majelis Ta'lim Al-Istiqomah adalah pengajian yang ke-28 kita laksanakan sejak bulan Syawwal tahun lalu. Kita cukup bahagia dengan pengajian tersebut, sebab kalau mau jujur sebenarnya pengajian tersebut cukup berat untuk ukuran lingkungan kita. Syukurlah teman-teman jamaah dari Majelis Ta'lim Ash-Shiroth, Majelis Hadroh Nurul Ishlah, Remaja Masjid Nurul Huda Prisma, dan Majelis Ta'lim dan Sholawat Al-Himmah senantiasa rajin dan semangat untuk menghadirinya.

Sejak awal ta'lim yang kita selenggarakan mengkaji kita Kifayatul Akhyar, kitab fiqih mazhab Imam Syafi'i yang dikarang oleh Syekh Taqiyuddin Abu Bakar Muhammad bin Husaini Al Hishni Assyafii, wafat tahun 829 Hijriah.

Kifayatul Akhyar atau nama panjangnya Kifayatul Akhyar fi Hilli Ghaayatul ikhtishor merupakan salah satu kitabnya yang amat Populer dikarangan Pesantren-pesantren Tradisional.

Kitab ini memang cukup baik metode pensyarahannya, karena banyak mengutip dalil-dalil fiqh dari hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Kitab Kiyafatul Akhyar merupakan syarah (penjelasan) dari kitab Ghoyatul Ikhtishor yang dikarang oleh Asy Syaikh Al Imam Abu Thoyyib atau terkenal dengan nama Abu Syuja' Shihabul Millah waddin (yang menjadi obornya agama) yaitu Ahmad ibnul Husain bin Ahmad Al Ashfihaaniy.

Jadi mari kita istiqomah mengkaji kitab ini 2 minggu sekali setiap malam Senin ba'da Isya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar